Latest News

Apa Itu Kolin dan Apa Manfaatnya?

Apa itu kolin dan apa manfaat kolin
Apa itu Kolin?
Kolin adalah zat gizi yang secara kimia sangat mirip dengan vitamin B tetapi bukan termasuk golongan vitamin B. Asam lemak ini terdapat dalam beberapa bentuk seperti lecithin, acetylcholine, dan posphatidylcholine. Meskipun bukan termasuk dalam kelompok vitamin, kolin merupakan nutrien esensial bagi tubuh kita. Pada dasarnya tubuh kita dapat menghasilkan kolin, namun sebagian kebutuhan kolin tubuh kita dipenuhi dari makanan yang kita konsumsi.
Kolin adalah nutrien yang larut dalam air sehingga tidak dapat disimpan lama di dalam tubuh. Kelebihan kolin dalam tubuh akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Oleh karena itu memenuhi asupan harian kolin sangat disarankan bagi setiap orang.

Makanan Sumber Kolin
Kolin terdapat dalam banyak bahan makanan baik pada bahan makanan nabati maupun bahan makanan hewani terutama dari jenis telur, unggas, sayuran, ikan, seafood, daging, dan buah. Contoh bahan makanan yang banyak mengandung kolin atara lain telur, daging ayam, daging kalkun, remis, udang, daging sapi, ikan sarden, bunga kol, asparagus, tomat, kedelai, dan lain sebagainya.

Manfaat Kolin bagi Kesehatan
Tubuh kita memerlukan kolin untuk berbagai kebutuhan membangun jaringan dan membantu fungsi tubuh. Kolin merupakan komponen penting pada jaringan sistem syaraf dan dikenal sebagai nutrisi otak yang berperan penting menjaga fungsi otak. Kolin juga diketahui diperlukan dalam membangun dan menjaga kesehatan membran sel. Selain itu kolin juuga berperan penting dalam melindungi organ hati dari penumpukan lemak dan membantu transport trigliserida dari hati. Kolin memiliki kemampuan memecah lemak sehingga bermanfaat mencegah penumpukan kolesterol jahat dalam aliran darah. Kolin sangat penting bagi janin dan bayi untuk membantu pertumbuhan otak, oleh karena itu bayi sebaiknya minum ASI yang kaya akan kolin.